Jambore Pemuda Daerah (JPD) merupakan ajang pertemuan para pemuda/i dari berbagai daerah dalam Provinsi Bengkulu. Kegiatan JPD menitikberatkan kepada saling bertukar informasi dan budaya antar satu daerah dengan daerah lain sehingga mereka diharapakan mempromosikan budaya dari daeraj asalnya masing-masing.

Tuan rumah pelaksanaan JPD yang ke XII tahun 2019 di Provinsi Bengkulu yakni Kabupaten Bengkulu Tengah. Sebanyak 9 Kab dan 1 Kota mengirimkan sebanyak 10 orang yang terdiri dari 2 peserta hasil seleksi dan 2 orang pendampin yang berasal dari Purna Prakarya Muda Indonesi (PPMI) masing Kab/Kota. JPD akan dilaksanakan selama 4 hari mulai pembukaan hari kamis 18 Juli s/d penutupan hari minggu 21 Juli 2019.

Kabupaten Rejang Lebong tepatnya hari Rabu 17 Juli 2019 melaksanakan pelepasan kebrangkatan duta JPD untuk mengikuti rangkaian kegiatan di Kab. Benteng tepatnya di lokasi Wahana Surya Kec. Pondok Kelapa. Sebanyak 8 Org peserta ini merupakan para pemuda/i Kab. Rejang Lebong yg telah mengikuti proses seleksi yang dilaksanakan pada Bulan Mei yang lalu. Setelah melalui penjaringan, pada bulan Mei peserta yg lulus seleksi mengikuti rangkaian pelatihan selama 1 s/d 2 Bln.

Muatan materi latihan berupa kegiatan yang bersifat kreasi dan budaya kearipan lokal yang menjadi tangkai perlombaan pada saat pelaksanaan nanti, antara lain: Hasta Karya, Tari Kreasi, Masakan khas Daerah, Cerdas Tangkas dll.

Kepala Dispora Kab. Rejang Lebong Khirdes Lapendo Pasju, S.STP, M.Si melalui Kabid Layanan Kepemudaan Yusuf Wahyudi B, SE, M.Si yang didampingi Kasi Kemitraan dan Infrastruktur Pemuda Benny Asmara, SE selaku pengelolah kegiatan berpesan kepada duta JPD ikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan baik, terapkan segala keahlian yg telah dipelajari serta tanamkan semangat dan daya juang yang tinggi hingga diharapkan nanti bisa memenangkan secara dominan beberapa tangkai lomba dan pada akhirnya bisa meraih juara umum.

Selain itu, JPD ini merupakan sebagian kecil dari pengalaman dalam menjalani proses kesuksesan bagi seorang pemuda/i, maka dari itu gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya karena bagi mereka yg menjadi duta JPD berkesempatan mengikuti Jambore Pemuda Indonesia (Tingkat Nasional).

Salam Pemuda!!
Bidang Layanan Kepemudaan Dispora Rejang Lebong